Kamis, 02 Agustus 2012

Tips dan Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam Di Sekitar Mata Anda

Tips dan Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam Di Sekitar Mata Anda
Oleh :
Febi Arliani.


Lingkaran hitam dibawah mata, sering kita menyebutnya sebagai
mata panda. Lingkaran hitam dibawah mata ini, juga membuat seorang terlihat tua.
Munculnya lingkaran hitam di bawah mata tidak hanya disebabkan kurangnya jam tidur, namun juga berkaitan dengan anemia, kondisi liver dan dehidrasi.
Dr. Satish Mehta, Ophthalmologist dari Moolchand Eye Clinic, mengungkapkan bahwa dalam hasil penelitiannya ditemukan pula beberapa penyebab lain yang menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata, diantaranya :

1. Penuaan
Setiap orang pasti mengalami penuaan, dan salah satu akibat dari penuaan adalah munculnya lingkaran hitam di bawah mata yang perlahan semakin kentara. Hal ini disebabkan, saat tubuh menua, kulit tubuh semakin tipis (berbanding terbalik dengan fase bayi), tipisnya kulit ini kemudian membuat pembuluh darah jadi terlihat lebih jelas. Dan inilah mengapa kulit di daerah bawah mata menjadi terlihat lebih gelap.

2. Genetik

Selain itu, munculnya lingkaran hitam di bawah mata juga disebabkan oleh kondisi genetik seseorang. Bahkan di usianya yang masih muda, lingkaran tersebut bisa terlihat sangat kentara.

3. Kurang Nutrisi

Penyebab lainnya adalah, kurang vitamin A, C, K dan E di dalam tubuh. Yang tidak hanya mempengaruhi kondisi bagian tubuh lain, namun juga kulit di bawah mata.

4. Minuman Keras dan Rokok

Kebiasaan mengonsumsi minuman keras dan rokok, menjadi salah satu penyebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Bahkan, ini adalah penyebab yang cukup menimbulkan komplikasi lain. Pengonsumsian kafein dan minuman beralkohol mempengaruhi liver, memaksa tubuh tidak beristirahat dan kekurangan cairan tubuh.

5. Perubahan Hormon

Pada fase kehamilan atau menstruasi, seringkali muncul lingkaran hitam di bawah mata. Dan ini hal yang normal pada wanita, karena pada fase tersebut ada perubahan hormon yang terjadi.

6. Alergi

Cermati kembali munculnya lingkaran hitam di bawah mata apabila Anda tidak mengalami gejala lain yang telah disebutkan di atas, karena bisa jadi ini adalah efek dari alergi.
Yang jelas, miliki jam istirahat cukup agar tubuh dapat mengisi kembali energi yang akan dibutuhkan untuk beraktivitas.

Beberapa Hal yang Berguna untuk Mencegah bahkan Mengurangi Lingkaran Hitam di Sekitar Mata, Antara Lain :

1. Mengurangi Konsumsi Minuman Yang Mengandung Kafein dan Soda
Minuman yang perlu dikurangi adalah kopi,soda dan minuman yang mengandung kafein yang lain.Minuman bersoda mengandung pemanis sintetis yang akan  membuat bagian sekitar mata terlihat membengkak dan warna lebih gelap. Kafein membuat tubuh tak menyerap air dengan baik dan menyebabkan dehidrasi. Akibat dehidrasi, racun tak terbuang dengan sempurna dari tubuh dan menyebabkan warna kulit, termasuk di sekitar mata yang menjadi gelap.

2. Mengurangi Makanan Siap Saji
Makanan yang mengandung banyak bahan pengawet akan memperbanyak racun di dalam tubuh.Racun inilah yang tak terbuang keluar dan mengendap dalam kulit.Sehingga menimbulkan kulit yang gelap dibawah mata.

3. Banyak Makan Sayur dan Buah
Dengan memperbanyak makan sayur dan buah,tentunya nutrisi yang terkandung akan berguna menghilangkan racun dalam tubuh.

4. Gunakan Sunglasses
Agar Terhindar dari Sinar matahari
Jika aktifitas keseharian anda berada diluar ruangan ada baiknya gunakan sunglasses agar terhindar dari sinar matahari berlebih dimana pancaran dari sinar matahari dapat membuat kulit menjadi lebih gelap.

5. Kompres Mata dengan Es Batu
Menggunakan batu es sebagai alternatif untuk menghilangkan lingkaran hitam di mata jika anda sering beraktifitas diluar ruangan, kompres mata anda dengan menggunakan batu es yang dibalut dengan kain lembut diamkan beberapa saat.


6. Minum Setidaknya Sepuluh Gelas Air Sehari
Minumlah setidaknya delapan gelas air sehari-hari. Ini diperlukan untuk menghilangkan racun. Jangan tunggu sampai Anda haus. Pada saat tubuh Anda merasa kehausan, itu artinya Anda sudah menderita dehidrasi parah.

7. Hindari Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Ketika matahari sedang terik-teriknya, pakailah kacamata hitam untuk melindungi mata Anda, dan kulit halus di sekitarnya, dari efek berbahaya dari radiasi UV.

8. Oleskan Concealer di Daerah Bawah Mata

Ini berguna untuk menyembunyikan lingkaran hitam. Gunakan warna yang sedikit lebih ringan dari warna kulit Anda. Oleskan concealer dengan lembut, jangan meregangkan atau menarik kulit.

9. Oleskan Vitamin dan Vitamin C
Anda bisa membuka kapsul vitamin E atau vitamin C, dan oleskan sedikit di bawah mata Anda. Sementara sisanya, telan. Ini tidak hanya membantu Anda menyingkirkan lingkaran hitam, tetapi juga mengurangi bengkak di sekitar mata. Selain itu, aplikasi secara teratur Vitamin E menunda terjadinya keriput.

10. Tidurlah Yang Cukup
Tidur minimal 6 jam setiap hari,jika lingkaran hitam sering kali muncul di wajah anda,cobalah tidur dengan dua bantal untuk membuat posisi kepala agak lebih tinggi saat tidur.
Apabila lingkaran hitam sudah muncul,yang harus anda lakukan adalah
- Mengompres bagian bawah mata dengan teh celup yang sudah disimpan di dalam kulkas
- Mengompres bagian bawah mata dengan irisan mentimun.
- Menggunakan produk kecantikan yang berfungsi menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata


Tips dan Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam di Sekitar Mata dengan Cara Tradisional :

1. Kentang

Caranya : Parut kentang mentah dan rendam bola kapas ke dalam jus kentang. Tutup mata anda dan tempatkan bola kapas pada mata anda. Pastikan bola itu menutupi lingkaran hitam di bawah mata serta kelopak mata. Biarkan selama 10 menit dan cuci dengan air dingin.

2.
Tomat dan jeruk Nipis
Caranya : Oleskan campuran satu sendok teh tomat dan air jeruk nipis, dua kali sehari akan membantu mengurangi lingkaran hitam.

3. Almond dan Susu

Caranya : Siapkan pasta 4 - 5 almond dengan susu. Oleskan pasta ini pada area hitam dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Ini akan mencerahkan kulit di sekitar mata.

4. Jus Nanas dan Bubuk Kunyit
Caranya : Campurkan beberapa sendok teh jus nanas segar dengan sejumput bubuk kunyit, bila dioleskan pada lingkaran hitam secara teratur akan membantu membersihkannya.

5.
Daun Mint

Caranya : Haluskan beberapa daun mint dan oleskan di sekitar mata. Ini akan memberikan efek dingin pada mata lelah.

6. Pasta dari Tomat, Jus Lemon dan Kunyit.

Caranya : Parutlah sedikit kunyit lalu campurkan pada tomat yang telah anda haluskan dan tambahlan satu sendok teh jus lemon aduk bahan-bahan tersbut hingga merata. Cukup anda oleskan secara merata pada bagian daerah sekitar mata anda yang memiliki lingkaran hitam, setelah agak merata diamkan hingga 10 menit, setelah itu anda hanya cukup membasuhnya dengan air bersih. Bahan-bahan yang dignakan sebagai pasta ini memiliki fungsi berbeda, tomat sebagai pemberi nutrisi pada kulit disekitar mata sedangkan jus lemon bertujuan dapat mengangkat kotoran yang terdapat pada daerah mata tersebut yang menyebabkan warna kehitaman yang melingkar sedangkan kunyit bertujuan untuk menyamarkan kembali warna hitam menjadi warna natural kulit kita.

7. Mentimun dan Tomat

Caranya : Campurkan kedua bahan ini menjadi jus lalu cukup anda oleskan jus timun dan tomat ini pada daerah sekitar mata anda yang memiliki lingkaran hitam dua kali dalam sehari.

8. Minyak Almond

Caranya : Oleskan minyak almond pada daerah lingkaran hitam disekitar mata anda lakukan cara ini setiap hari hingga lingkaran hitam pada daerah disekitar mata anda sirna.

9. Air Mawar

Caranya : Celupkan kapas pada air mawar kemudian anda cukup kompres pada mata anda dan diamkan selama 15 menit. Lakukan dengan cara ini setiap hari agar hasilnya cepat terwujud.

10. Timun

Caranya : Irislah ketimun lalu anda dapat menggunakan irisan timun tadi dengan menempelkan pada bagian daerah disekitar mata anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

diharapkan berposting dengan sopan